Selasa, 03 Juli 2018

Keuntungan Strategi Average Down


Bagi beberapa besar masyarakat, istilah Average Down mungkin masih terdengar asing dan belum banyak yang belum paham artinya. Namun bagi masyarakat yang telah umum bermain dalam dunia investasi saham, istilah Average Down telah menjadi sesuatu yang akrab. Malahan mereka telah mempersiapkan pelbagai tipe strategi termasuk Average Down ketika menghadapi keadaan perekonomian yang tak stabil sehingga berpengaruh kepada harga saham di lantai bursa.

Lalu apakah sebetulnya Average Down tersebut? Average Down merupakan strategi investasi dengan menjalankan pembelian secara berjenjang ketika harga saham di bursa efek Indonesia sedang mengalami penurunan. Strategi tersebut tak cuma berlaku untuk pembelian saham, melainkan juga untuk pembelian reksa dana. Kelebihan strategi ini merupakan skor investasi Anda tak akan turun terlalu dalam layaknya keadaan pasar ketika itu, sebab skor investasi terimbangi dengan penambahan jumlah investasi pada ketika harga rendah. Sehingga ketika keadaan pasar telah pulih, return Anda akan optimal. Nah, menarik bukan? Berharap tahu lebih jauh perihal average down strategy ini? Simak ilustrasi berikut.

Misalkan Anda melaksanakan investasi pembelian reksa dana saham X tanpa menerapkan taktik Average Down. Bulan pertama segera membeli 500 unit reksa dana saham X dengan harga Rp980,-. Bulan kedua segera membeli lagi 500 unit reksa dana saham X dengan harga Rp970,-.

Setelah melaksanakan pembelian tersebut, Anda mempunyai 1500 unit reksa dana saham X  dengan NAB rata-rata Rp983,- per unit, lebih tinggi dibandingi yang menerapkan Average Down. Dengan sempurna skor investasi Rp1,46 juta, sama dengan yang menerapkan Average Down.

Hari berikutnya NAB reksa dana saham X mengalami peningkatan menjadi Rp965,- per unit. Sehingga seandainya dibandingi dengan rata-rata NAB yang Anda miliki, return investasi Anda turun 1,86%, lebih tinggi dibandingi yang menerapkan Average Down.

Sehingga meskipun sama-sama mempunyai investasi 1500 unit reksa dana dengan sempurna investasi Rp1.460.000,-, investasi pembelian reksa dana saham X tanpa menerapkan taktik Average Down, mempunyai NAB rata-rata yang lebih tinggi, yang membuat penurunan return juga lebih tinggi dibandingi dengan yang menerapkan taktik Average Down.

Dengan demikian taktik Average Down betul-betul membantu Anda dalam menambah investasi dengan menerima NAB rata-rata dan return investasi yang lebih optimal. Asumsinya, dengan harga beli yang lebih rendah, margin of safety akan kian membesar, sehingga resiko kerugian pun makin rendah. Jadi Asumsi dasarnya yakni mengurangi resiko kerugian lewat penurunan harga beli, itulah kelebihan taktik Average Down.

Jadi ikhtisarnya, pada ketika pasar saham sedang mengalami penurunan jangan kuatir kepada skor investasi Anda yang mengalami penurunan. Justru itu merupakan momen yang baik untuk mengaplikasikan strategi Average Down. Untuk menghindari risiko merugi atau menambah kans yang lebih baik lagi, strategi Average Down sebaiknya dijalankan seperti Dollar Cost Averaging, merupakan dengan metode membeli pada jumlah rata-rata yang sama dalam jangka waktu waktu yang sama. Misal, Anda sanggup menyisihkan uang Rp5.000.000,- per bulan untuk membeli saham, maka sebaiknya Anda membaginya menjadi Rp1.250.000,- tiap minggu untuk Average Down. Namun ini akan lebih menjaga kans lebih baik dan mengurangi resiko merugi daripada menjalankan pembelian dalam jumlah sekalian, sementara di waktu akan datang saham tersebut dapat turun atau naik lagi tanpa dikenal.

Namun jangan menjalankan Average Down pada saham yang keok, merupakan saham perusahaan yang tak fundamental dan telah pasti merugi. Malahan Anda tak yakin kepada sebuah perusahaan atau menilai perusahaan tersebut kans pertumbuhannya tak signifikan, biasanya dapat diperhatikan dari pergerakan sahamnya yang juga kurang baik. Malahan tak jarang harga sahamnya sulit untuk kembali ke harga awal. Namun ini tentu saja merugikan kalau dijalankan Average Down, sebab strategi Anda jadi tak sukses, jadi hindarilah perusahaan yang seperti ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Cara Merawat Kebersihan Organ Intim Wanita Yang Aman

Lalai dalam menjaga kebersihan organ intim wanita bisa menyebabkan gatal, iritasi, atau bahkan keputihan, yang tentunya akan menimbulkan...